Visi Sekolah
Senin, 21 Okt 2024

  • “Terbentuknya manusia berprestasi yang berkarakter: religious, disiplin jujur, tanggung jawab, cerdas, sehingga mampu bersaing di era baru, era digital”
13 September 2024

Semarak Dies Natalis ke-64

Jumat, 13 September 2024 Kategori : informasi

SANANWETAN-SMAKDipo (Journalist’24) Tiba saatnya SMAK Diponegoro Blitar menyambut usianya yang ke-64. Sudah menjadi tradisi jika perayaan ulang tahunnya dimulai dengan runtutan acara pra-Dies Natalis. Pra-Dies Natalis sendiri diadakan sebagai bentuk hiburan bagi seluruh warga sekolah. Acara ini bertujuan untuk memberikan suasana yang menyenangkan dan membangkitkan semangat setelah lelah menjalani berbagai kegiatan akademik. Melalui berbagai perlombaan, pra-Dies Natalis menjadi ajang untuk mempererat kebersamaan serta memberikan kesempatan bagi siswa, guru, dan staf untuk bersantai dan menikmati momen kebersamaan sebelum puncak perayaan ulang tahun sekolah tiba. Lomba yang diadakan adalah lomba basket, futsal, balap karung, tarik tambang, kebersihan kelas, dan menghias kelas.

PRA-Dies Natalis

Tarik Tambang
Sebagai pembuka acara Pra-DN, lomba yang pertama adalah tarik tambang. Lomba ini diikuti oleh 9 kelas, mulai dari kelas 10-1 sampai kelas 12-3, dimana setiap kelas wajib mengirimkan 6 orang yang 4 diantaranya merupakan laki-laki dan 2 sisanya adalah perempuan. Tak hanya para siswa, para guru dan panitia juga ikut bermain dalam sesi fun match yang semakin memeriahkan lomba ini.

Berdasarkan data dari Wikipedia, Tarik tambang merupakan salah satu jenis permainan tradisional yang hanya memerlukan sebuah tali tambang yang kuat dan dimainkan secara beregu oleh dua tim dengan cara menarik tali sampai salah satu tim tertarik melewati garis batas.

Setelah persaingan yang begitu meriah di lomba balap karung, kejuaraan berhasil diperebutkan.
Berikut adalah hasil wawancara dari Juara 1 sampai 3

Juara 1
Bima (XII-1)
“Pertandingan tadi sangat seru, sangat kompetitif sekali, bisa untuk melatih kerjasama dari masing-masing kelas juga”. Bima juga menyampaikan pesan “Kalau untuk lawan ya, kita harus kerjasama harus lebih lagi, sesama teman harus saling merangkul lagi”

Juara 2
Sabrina (XI-3)
“Biasa aja sih, soalnya tadi yang harusnya menang jadi ga menang” Sabrina juga menyampaikan pesan untuk lawan “Kalau main jangan curang ya, kalau kalah yaudah kalah aja”

Juara 3
Floren (XII-2)
“Sebenere seru banget sih tapi tu kek ndek tangan itu sakit gitu lo” ada juga kata-kata yang disampaikan untuk lawan dari Floren “eeee hebat,itu aja sih hehehe”

Basket

Lalu, pada pra-DN kali ini SMAK Diponegoro Blitar juga mengadakan lomba basket untuk siswa. Kompetisi ini bertujuan untuk mempererat rasa kebersamaan dan sportivitas antar siswa, sekaligus menjadi ajang unjuk kemampuan dalam bermain bakset. Setiap tim berkompetisi dengan semangat tinggi, fair play, saling berstrategi untuk meraih kemenangan dan membawa kebanggaan bagi kelas masing-masing.

Menurut Wikipedia, basket (bahasa Inggris: basketball) adalah olahraga bola berkelompok yang terdiri atas dua tim beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding mencetak poin dengan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan.

Setelah persaingan yang begitu meriah di lomba basket, kejuaraan berhasil diperebutkan oleh XII-2.

Juara 1
Philya dan Cecil (XII-2)
“Oke senang soalnya kita menang, yaa tetap semangat sih sebenernya permainannya bagus cuma fisiknya di tekunin lagi lah letihanya biar bisa lawan Cecil, Mimi juga sihh..” Sambil saling bercanda mereka juga kembali lanjut menyampaikan pesan pada lawannya “Sebenernya fisiknya udah oke lahh, cuma kurang hoki aja ketemu kita di game pertama”.

Juara 2
Gabriella XII-1
“Senang,soalnya kan kekeluargaan dengan teman teman trus jdinya senang” Gabriella juga menyampaikan kendala yg dialami nya “kalian kalau mau tanding temen temen juga suka gamau juga tidak kompak jdi susah nyari orangnya”
tak lupa juga menyampaikan pesan pada lawannya “semangat trus yaa”

Juara 3
Glory (XI-3)
“Bangga lah ya bangga sih, panas juga oke”. Glory juga berkeluh kesah tentang kendalanya “Jatuh sii, sama ngga bisa atur nafas”. Tak tertinggal ia pun berpesan “semangat” untuk musuh.

Balap Karung

Di pra-Dies Natalis tahun 2024, SMAK Diponegoro Blitar juga mengadakan lomba balap karung. Lomba ini berjalan sangat meriah dengan para peserta yang berusaha dan bersaing untuk mencapai garis finish secepat mungkin. Adanya sesi fun match yang diisi dengan para guru menambah keseruan ditengah suasana perlombaan yang menegangkan.

Menurut Wikipedia, Balap karung sendiri adalah permainan kompetitif yang dilakukan dengan memasukkan kedua kaki peserta di dalam karung atau sarung bantal yang mencapai pinggang atau leher mereka dan melompat ke depan dari titik awal menuju garis finis. Orang pertama yang melewati garis finis adalah pemenang perlombaan.

Setelah persaingan yang begitu meriah di lomba balap karung, kejuaraan berhasil diperebutkan.

Juara 1
Andre (XII-1)
“Perasaan saya biasa saja, karena sudah yakin menang. Dan aman aman saja, tidak ada kendala”. Andre juga menyampaikan pesan ejekan kepada lawannya “Ez dek”.

Juara 2
Wulan (X-1)
“Saya ngga nyangka si, karena di game-game sebelumnya kelas kami kalah terus. Kendala kami awalnya banyak yang tidak mau ikut tanding tapi tiba-tiba ketika hari-h kelas kami banyak yang tergugah untuk ikut”. Wulan juga menyampaikan pesan kepada lawannya tadi “Tetap semangat dan jangan menyerah!”.

Juara 3
Dionis (XI-3)
“Perasaan saya tidak nyangka dan senang. Ketika ingin tanding saya sangat grogi lalu ketika awal bermain sangat sulit rintangan nya”. Dionis juga menyampaikan perasaan kecewanya pada lawannya tadi “Terimakasih ya sudah mengalahkan saya”.

Futsal

Lomba futsal yg diadakan sekolah SMAK Diponegoro Blitar dalam acara Pra Dies Natalis yg diikuti oleh siswa siswi kelas 10 , 11, 12. Lomba yg sangat sengit dan seru dri lomba futsal tersebut , game yg terdiri dri 5 pemain dan 2 team yg saling berlawanan

Juara 1
Guntur (XII-3)

“Seru sih, seru.. Tentu nya lawan yang sepadan untuk kita dan kita pun senang sekali bisa menang dan lanjut ke final” dan Guntur juga menyampaikan pesan untuk kelas XII-1 “Dan satu lagi smangat untuk lawan lawan saya yang nanti masih ada juara ke 3” “Ee.. Kalo mau jebol gawang saya, belajar nendang dulu ya dek, makasih”

Juara 2
Sandro (XII-1)

“Ya luar biasa, seru dan sengit ya, meskipun tim saya menang tapi tim lawan juga memberikan perlawanan yang sangat sengit” Tak lupa Sandro juga menyampaikan pesan untuk lawannya “Yang kalah semangat aja”

Juara 3
Juara 3 yg dimenangkan XII-2 melawan XI-3 dengan skor 4-3, pertandingan yg sangat seru dan sengit dri kedua kelas tersebut. Kelas XI-3 kewalahan melawan XII-2 yg dipimpin oleh Aryasha.

Voli

Di pra-Dies Natalis tahun 2024, tidak hanya ada balap karung, basket, futsal, tarik tambang. Di tahun ini sekolah kita mengadakan pertandingan bola voli, peserta sangat berantusias atas diadakannya pertandingan bola voli untuk mengisi pra-Dies Natalis tahun ini.

Menurut Wikipedia, bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan. Masing-masing grup memiliki enam orang pemain. Terdapat pula variasi permainan bola voli pantai yang masing-masing timnya hanya memiliki dua orang pemain. Olahraga ini dinaungi FIVB (Fédération Internationale Volleyball) sebagai induk organisasi internasional. Sedangkan di Indonesia, olahraga bola Voli dinaungi oleh PBVSI (Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia).

Setelah persaingan yang begitu meriah di perlombaan bola voli, kejuaraan berhasil diperebutkan.

Juara 1
Dion (XII-2)
“Tentunya saya sangat senang sekali, bagi perwakilan tim kami dan saya bangga, kunci keberhasilan kami hari ini tentunya kekompakan serta semangat dan pantang menyerah, sebenarnya tantangan nya hanya 1 yaitu panas, terik mataharinya panas”.

Juara 2
Willy (XII-1)
“Menurut saya kekuatan utama dalam mencapai final yaitu dari segi kekompakan, jadi dalam bola voli itu beregu jadi jika tidak kompak maka untuk mengambil point sangat sulit, tantangan terbesar yang kita hadapi salah satu nya yaitu musuh nya hampir semua nya ikut club atau pelatihan khusus apalagi kelas kami hanya otodidak atau latihan sendiri, team saya pada ronde ke 2 mampu membalikan point juga, dan menurut saya yang membuat mereka unggul yaitu dari segi teknik dan kekompakan”.

Juara 3
Vicky (X-2)
“Perasaan saya cukup senang setelah meraih posisi juara ke tiga hari ini, kebetulam team kami tidak memakai strategi apapun, tetapi team kami hanya bekerja sama dengan baik dalam permainan dan komunikasi yang baik”. Vicky juga menyampaikan sedikit pesan untuk lawan nya yang tadi “Tetap semangat dan tidak usah minder, kita menang cuman karena hoki kok”.

PRA DN HARI PERTAMA PRA DN HARI KEDUA PRA DN HARI KETIGAA PRA DN HARI KETIGA-B PRA DN HARI KEEMPAT

Dies Natalies

Setelah empat hari menjalani Pra Dies Natalis yang dipenuhi dengan lomba-lomba seru, akhirnya acara utama yang dinantikan pun tiba. Dies Natalis dibuka dengan penerbangan balon pembuka, jalan sehat yang diikuti oleh seluruh warga SMAK. Selesai jalan sehat, para murid langsung berkumpul di lapangan basket untuk berdoa lintas agama. Setelah berdoa selesai, langsung dilanjut dengan tumpengan yang menjadi tanda bahwa Dies Natalis resmi di mulai. Tentu saja acaranya tidak hanya itu saja, pastinya ada berbagai penampilan menarik dari banyak warga SMAK Diponegoro.

Berikut ini daftar acaranya:
•Duet (TAMPAR) oleh Vrilli dan Debora XI-2
Duet (IFCSMCIMR) oleh Debora dan Vena XI-2
Menyanti Solo oleh kelas XI-1
Band oleh Majesty (Esai XI-2, Keyra X-2, Arga, Zenda, Dito dari SMASA, dan Jojo dari SMAGA)
•Band oleh pak Alfat dan staff
•Band oleh pak Miluk dan staff
•Drama musikal (biri-biri) oleh kelas X-1
•Menyanyi solo oleh Ocha XI-2
•Dance oleh kelas X-1
•Fashion show dari seluruh kelas
•Tari kreasi oleh kelas XII-3
•Band oleh OSIS
•Menyanyi solo oleh Rachel XI-3
•Tari tradisional oleh XII-1
•Tari gabungan oleh Rachel dkk
•Pertunjukan teater dari extra teater
•Pertunjukan dance dari extra dance
•Menyanyi solo oleh Sabrina XI-3
•Menyanyi duet oleh Angel dan Dion XII-2
•Dance oleh Lit Revolution
•Menyanyi solo oleh Kristel X-2
•Tari tradisional oleh X-3
•Menyanyi solo dangdut oleh Wulan X-1
•Jaranan oleh XII-2

Acara perayaan ini berjalan dengan meriah dan lancar, tentunya juga dengan kehadiran dari alumni-alumni yang ikut bernostalgia. Berbagai stand juga turut hadir membuat suasana semakin nyaman. Acara Dies Natalis SMAK Diponegoro ke-64 berjalan dari pagi hingga sore hari.

DN LINK 1 DN LINK 2 DN VIDEO LINK 1 DN VIDEO LINK 2

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar

 

Flag Counter
Flag Counter