Visi Sekolah
Jumat, 19 Apr 2024

  • “Terbentuknya manusia berprestasi yang berkarakter: religious, disiplin jujur, tanggung jawab, cerdas, sehingga mampu bersaing di era baru, era digital”
19 Juli 2022

Kegiatan MPLS Hari ke-1 SMAK Diponegoro Blitar

Selasa, 19 Juli 2022 Kategori : informasi

Melanjutkan kegiatan Pra-MPLS pada hari Sabtu kemarin. Di hari Senin yang cerah ini kembali berkumpul untuk melaksanakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah hari pertama, diawali dengan penyambutan dari anggota OSIS/MPK kepada adik-adik peserta MPLS. Sesuai dengan tata tertib yang berlaku di SMAK Diponegoro Blitar, peserta MPLS diinstruksikan untuk menuntun sepeda motornya ke tempat parkir yang sudah disediakan. Beberapa peserta MPLS juga terlihat membawa barang-barang yang sudah ditentukan sebelumnya seperti name tag dan juga kreasi topi toga.

(peserta MPLS yang membawa kendaraan bermotor diinstruksikan untuk menUntun sepeda motornya sesuai dengan peraturan yang berlaku)
(peserta MPLS membawa topi toga hasil kreasinya)

Kegiatan dilanjutkan dengan apel pagi dengan bapak Kepala SMAK Diponegoro, Bapak Antonius Hada Beoang sebagai pembina apel. Kegiatan apel ini merupakan penanda telah dimulainya kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah SMAK Diponegoro yang akan berlangsung 3 hari kedepan dengan penyematan tanda kartu nama perwakilan peserta MPLS yang dilanjutkan dengan pembacaan janji siswa dan diikuti oleh semua peserta MPLS. Selain itu, terdapat pembacaan surat pernyataan wali peserta MPLS yang diwakilkan oleh Ibu Yuliana Hesti sebagai tanda pengakuan, kepercayaan dan penyerahan anak dari orang tua kepada sekolah .

(kegiatan apel pagi)
(tim paduan suara SMAK DIponegoro Blitar)
(penyematan kartu tanda identitas peserta MPLS)
(pembacaan surat pernyataan wali peserta MPLS oleh Ibu Yuliana Hesti)
(penandatanganan surat pernyataan orang tua oleh Ibu Yuliana Hesti dan Bapak Antonius Hada Beoang S.Pd)

Bela negara merupakan sikap, tekad, perilaku warga negara yang menunjukkan kecintaannya terhadap sebuah negara, dalam hal ini Indonesia dalam rangka untuk tetap mempertahankan kedaulatan dan persatuan kesatuan Bangsa Indonesia. Oleh sebab itu, diadakannya materi tentang tentang Pasukan Baris-Berbaris (PBB) sebagai pendidikan dasar bela negara yang dibimbing langsung oleh TNI dan didampingi oleh alumni paskibra SMAK Diponegoro Blitar dan anggota ekstrakuriler paskibra SMAK Diponegoro saat ini.

(kegiatan pembelajaran dasar-dasar baris berbaris yang didampingi langsung oleh anggota TNI)

Kegiatan selanjutnya adalah penyampaian beberapa materi penting dan patut dipahami oleh para peserta didik baru. Beberapa materi yang terangkum yaitu wawasan wiyata mandala, budaya literasi, serta sarana dan prasarana sekolah yang disampaikan oleh Bapak Miluk Dwi Utami. Lalu ada materi tata krama, tata tertib sekolah, kesiswaan, serta perkenalan ekstrakurikuler yang terdapat di SMAK Diponegoro yang disampaikan oleh Bapak Aloisius Yudha Nur Pamungkas. Kemudian yang terakhir ada materi tentang kurikulum, hal ini menjadi sangat penting mengingat untuk angkatan kelas 10 tahun ajaran 2022/2023 diberlakukan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka yang akan disampaikan oleh Ibu Yuliana. Tak lupa juga di sela-sela pergantian materi panitia dari OSIS/MPK mengadakan kegiatan Ice Breaking seperti menyanyikan yel-yel yang diikuti dengan menyerukan jargon serta kegiatan saling memijat bahu teman di samping kanan dan kiri untuk mengurangi rasa pegal dan kantuk.

(penyampaian materi oleh Bapak Miluk Dwi Utami)
(penyampaian materi oleh Bapak Aloisius Yudha Nur Pamungkas)
(penyampaian materi oleh Ibu Yuliana)
(Ice Breaking dengan memijat bahu teman di samping kanan dan kiri)

#NAWASENA2022 DAY-1

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar