Visi Sekolah
Kamis, 13 Jun 2024

  • “Terbentuknya manusia berprestasi yang berkarakter: religious, disiplin jujur, tanggung jawab, cerdas, sehingga mampu bersaing di era baru, era digital”
4 Juni 2024

Upacara Hari Kelahiran Pancasila 2024

Selasa, 4 Juni 2024 Kategori : informasi

SANANWETAN-SMAKDipo Journalist-Pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno menyampaikan pidato yang bersejarah di depan sidang BPUPK. Dalam pidatonya, Soekarno mengusulkan dasar negara yang terdiri dari lima prinsip, yang kemudian dasar negara ini disebut sebagai Pancasila. Begitu juga pada saat ini hari Sabtu, tanggal 1 Juni 2024 SMA Katolik Diponegoro Kota Blitar memperingati Hari Lahir Pancasila dengan mengadakan upacara bendera yang diikuti oleh seluruh warga SMA Katolik Diponegoro dengan khidmat.

Pada Upacara hari ini Ibu Damayanti Laksmayoni Dorothea S.TP kepala SMAK DIponegoro Blitar selaku pembina upacara menyampaikan pidato dari Badan Pembinaann Ideologi Pancasila Republik Indonesia. Terdapat beberapa poin penting yang telah disampaikan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 mengangkat tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, menekankan peran Pancasila sebagai pengikat dalam menyongsong masa depan Indonesia yang gemilang.
  2. Pancasila adalah anugerah Tuhan Yang Maha Esa bagi bangsa Indonesia yang mengandung nilai-nilai luhur inklusivitas, toleransi, dan gotong royong, serta mencerminkan identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.
  3. Pentingnya mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara, serta menjadikannya sebagai landasan regulasi dan keteladanan bagi pemimpin dan rakyat Indonesia.
  4. Tantangan global, terutama dalam hal kemajuan teknologi informasi, membutuhkan Pancasila sebagai filter agar bangsa Indonesia tidak terpengaruh negatif.
  5. Peran generasi milenial dan Gen-Z dalam mengembangkan dan menyebarkan nilai-nilai Pancasila dengan metode kekinian sangat penting dalam menyongsong masa depan bangsa.
  6. Semangat Pancasila menjadi kunci mengatasi berbagai tantangan, termasuk menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik di tengah krisis global.
  7. Bangga dan bersyukur atas kedewasaan bangsa Indonesia dalam berdemokrasi serta menjaga persatuan dan kesatuan melalui Pemilihan Umum yang demokratis.
  8. Ajakan kepada seluruh komponen bangsa untuk merayakan Hari Lahir Pancasila dengan gotong royong, menjaga kerukunan, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia

Selain poin-poin penting tadi, para tim Paskibraka dari petugas barisan, pengibar, maupun pembaca teks juga telah melaksanakan tugas dengan baik sehingga Upacara bisa terlaksana dengan lancar ,terdapat pula lagu nasional “Garuda Pancasila” yang dibawakan oleh tim DipVoice dan ikut dinyanyikan oleh seluruh warga SMAK Diponegoro Blitar.

LINK Foto Kegiatan tersebut

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar