Visi Sekolah
Kamis, 18 Apr 2024

  • “Terbentuknya manusia berprestasi yang berkarakter: religious, disiplin jujur, tanggung jawab, cerdas, sehingga mampu bersaing di era baru, era digital”
16 Maret 2024

Sekilas Uji Praktik Drama Bahasa Jawa SMAK DIPONEGORO BLITAR Tahun Pelajaran 2023-2024

Sabtu, 16 Maret 2024 Kategori : informasi

Salah satu materi pembelajaran bahasa jawa K-13 di kelas 12 pada semester genap adalah Seni Pertunjukkan. Dimana pada tahapan ini siswa kelas 12 disiapkan untuk dapat menyuguhkan  sebuah pagelaran drama. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah mengukur sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap teori-teori tentang permainan drama, misalnya : acting, bloking,……dan lain-lain.  Selain tujuan di atas , siswa diharapkan dapat mempraktikkan tentang penggunaan unggah-ungguh dan undha usuk basa dengan baik yang dikemas dalam dialog-dialog drama bahasa Jawa.

Adapaun kegiatan pementasan drama dikemas dalam bentuk kegiatan UJI PRAKTIK. Siswa-siswa kelas 12 telah melakukan segala persiapan jauh-jauh hari sebelumnya. Proses penggarapan drama dimulai sejak memasuki kegiatan belajar mengajar semester genap antara bulan Januari hingga minggu ketiga bulan Maret tahun 2024.  Berbagai persipan telah dilakukan oleh  siswa-siswa kelas 12 (PIB, PIS, dan PIA) mulai dari penyutradaraan, pengadaan property, garapan iringan dan setting panggung. Siswa begitu antusias dan penuh totalitas dalam setiap proses penggarapan hingga pementasan.

Uji praktik mata pelajaran bahasa jawa yang dipandegani oleh bapak Yustinus Setiobudhi, S.Pd sendiri dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2024 berkolaborasi dengan ekstra karawitan yang dilatih oleh bapak Sumitro, S.Pd yang memang mumpuni dalam seni karawitan. Ujian berlangsung mulai pukul 08.30 s.d pukul 13.00. Mereka mengangkat naskah-naskah drama, seperti : ANDHE-ANDHE LUMUT , LEGENDA GENUNG KELUD, LEGENDA CANDHI PRAMBANAN dan JAKA TARUB.

Semua berjalan dengan baik dan lancar. Totalitas anak-anak begitu luar biasa . Mereka sangat menikmati permainan peran, baik dari para pemain panggung ataupun pengiring musik. Sungguh wujud nyata bentuk apresiasi yang luar biasa terhadap seni sastra drama oleh siswa-siswa kelas 12. Mereka dapat menyuguhkan tontonan drama dengan begitu baik walau bisa dikatakan sebagai pemula. Kreativitas yang layak diacungi jempol untuk para siswa kelas 12.

Semoga dengan kegiatan uji praktik bahasa jawa dalam bentuk pementasan drama bisa menambah wawasan anak terhadap pembelajaran Bahasa dan Sastra Jawa pada umumnya dan khususnya seni pertunjukan drama.

Berikut link foto kegiatan tersebut.

SEKECIL APAPUN LAKUANNYA SEMUA BUTUH PROSES. SALAM TEATER!!

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar