Visi Sekolah
Kamis, 20 Jun 2024

  • “Terbentuknya manusia berprestasi yang berkarakter: religious, disiplin jujur, tanggung jawab, cerdas, sehingga mampu bersaing di era baru, era digital”
17 Mei 2024

Kegiatan P5 2024

Jumat, 17 Mei 2024 Kategori : informasi

SANANWETAN-SMAKDipo (EI)-Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) program yang dirancang Kemendikbudristek sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila. Adapun program ini diterapkan dengan menggunakan paradigma baru, yakni melalui pembelajaran berbasis projek. Pada tahun ini, SMAS Katolik Diponegoro Blitar juga melaksanakan kegiatan P5 tersebut dengan sistem blok yang dilaksanakan mulai tanggal 22 April sampai dengan 17 Mei 2024. Dalam kegiatan tersebut dibagi dalam beberapa area kerja seperti berikut:

Berikut sebagian foto kegiatannya:

Berikut link foto-foto dan video kegiatan P5 tersebut

Dengan menjalankan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, pendidik diharapkan dapat menemani proses pembelajaran peserta didik agar mereka dapat menumbuhkan kapasitas dan membangun karakter luhur sebagaimana yang dijabarkann dalam Profil Pelajar Pancasila, yakni 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri, 3) bergotong-royong, 4) berkebinekaan global, 5) bernalar kritis, dan 6) kreatif.

Dengan begitu, pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila diharapkan  dapat memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter, sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Profil Pelajar Pancasila penting dimiliki karena diharapkan pelajar Indonesia memiliki kompetensi untuk menjadi warga negara yang demokratis serta menjadi manusia unggul dan produktif di abad ke-21 ini. Dalam kegiatan P5 ini di SMAK Diponegoro Blitar menentukan 5 tema yang harus dilaksanakan dalam kurun waktu 1 tahun yaitu : (1) Kewirausahaan, (2) Kebhinekaan Global, (3) Kearifan Lokal, (4) Hidup Berkelanjutan dan (5) Kebugaran Jasmani dan Rohani.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar