Visi Sekolah
Rabu, 24 Jul 2024

  • “Terbentuknya manusia berprestasi yang berkarakter: religious, disiplin jujur, tanggung jawab, cerdas, sehingga mampu bersaing di era baru, era digital”
30 Oktober 2023

EDUCATION FAIR 2023

Senin, 30 Oktober 2023 Kategori : informasi

Pada hari ini, Senin 9 Oktober 2023 Sekolah Menengah Atas Swasta Katolik Diponegoro Blitar mengadakan kembali kegiatan Expo Pendidikan tahun 2023 atau yang lebih dikenal EDUCATION FAIR 2023, dengan mengadakan presentasi oleh 20 Perguruan Tinggi dari Blitar, Kediri, Malang, Surabaya, Yogyakarta, Madiun, Batu, dan Salatiga.

Ke-20 Perguruan Tinggi tersebut yaitu:

1. BINUS University Malang

2. Lik Bakti Wiyata Kediri

3. Institut Asia Malang

4. STIKES Panti Waluya Malang

5. STIKI Malang

6. Tristar Institute Surabaya/ Batu

7. Universitas Ciputra Surabaya

8. Universitas Dinamika Surabaya

9. Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta

10. Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya

11. Universitas Katolik Sanata Dharma Yogyakarta

12. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga

13. Universitas MaChung Malang

14. Universitas Pelita Harapan Surabaya

15. Universitas Widya Kartika Surabaya

16. Universitas Widya Mandala Surabaya

17. STIE Malangkuçeçwara Malang

18. STKIP Widya Yuwana Madiun

19. STIKES St. Vincentius A Paulo (RKZ) Surabaya

20. Akademi Komunitas Negeri Sang Fajar Blitar

Lalu EDUCATION FAIR ini berlanjut pada hari Selasa, 10 Oktober 2023 yang dilaksanakan dengan stand expo yang akan dihadiri oleh beberapa siswa-siswi dari SMA lain juga. Di stand expo kali ini terdapat 20 universitas dan institut, ke-20 perguruan tinggi tersebut yaitu diantaranya:

1. BINUS University Malang

2. Lik Bakti Wiyata Kediri

3. Institut Asia Malang

4. STIKES Panti Waluya Malang

5. STIKI Malang

6. Tristar Institute Surabaya/ Batu

7. Universitas Ciputra Surabaya

8. Universitas Dinamika Surabaya

9. Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta

10. Universitas Katolik Darma Cendika (UKDC) Surabaya

11. Universitas Katolik Sanata Dharma Yogyakarta

12. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga

13. Universitas MaChung Malang

14. Universitas Pelita Harapan Surabaya

15. Universitas Widya Kartika Surabaya

16. Universitas Widya Mandala Surabaya

17. STIE Malangkuçeçwara Malang

18. STKIP Widya Yuwana Madiun

19. STIKES St. Vincentius A Paulo (RKZ) Surabaya

20. Akademi Komunitas Negeri Sang Fajar Blitar

Berikut merupakan hasil wawancara dari perguruan tinggi dan siswa dari SMA:

Binus Malang

Luki

Jurusan yang terdapat di Binus Malang ada 6 singel program dan 2 double program. Yang pertama ada Interior Design, Visual Communication Design, Public Relations, Communication, Entrepreneurship Business Creation, Computer Science, Digital Business Innovation, Interactive Design and Technology.

Yang membedakan Binus dari universitas lainnya adalah. Yang pastinya adalah program, Binus ada program yang namanya 2+1+1, dimana kita bisa 2 tahun kuliah di kampus asal + 1 tahun di kampus BINUS kota lain +1 tahun enrichment. Dan juga akreditasi kita sudah unggul, dan Binus sudah menjadi universitas peringkat empat di Indonesia.

Binus selain terkenal dengan lulusan tercepat bekerja, terkenal juga dengan hubungan yang banyak. Bisa dicari di google, pasti terkenal juga kalau Binus mempunyai banyak hubungan dengan perusahaan-perusahaan, bahkan kita punya lebih dari 2200 perusahaan yang mempunyai hubungan dengan Binus, dan itu bisa menjadi tempat magang bagi mahasiswa di Binus.

Di Binus ada namanya study board jadi teman-teman bisa berkesempatan untuk satu tahun berkuliah diluar negeri dengan biaya dari Binus Malang.

UKM di Binus sendiri ada banyak, ada fokus dalam kerohanian, kesenian, olahraga, dan masih banyak yang lain

Untuk beasiswa Binus sendiri ada tuga jenis beasiswa. Yang pertama ada beasiswa community, untuk yang punya keluarga yang ada di Binus itu bisa sertakan untuk dapat beasiswa ini. Yang ke-dua ada Widia Scholarship dimana kalian yang punya prestasi tingkat nasional dan internasional, dan dapat juara 1 sampai 3, bisa mendapatkan kuliah gratis selama 4 tahun di Binus. Yang terakhir adalah Binus untuk Nusantara dimana untuk bisa ikut tes kita berubah psiko test, tidak pakai nilai akademik, tidak pakai nilai raport. Karena kita yakin tidak hanya yang pintar yang bisa dapat beasiswa tetapi semua bisa dapat.

Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata-Kediri

Institut Ilmu Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri memiliki 4 fakultas dengan 21 program studi. Kedokteran gigi, farmasi, dan perawatan merupakan jurusan yang sangat diminati dalam institut ini karena keunggulannya. Prospek kerja IIK Bhakti Wiyata Kediri sangatlah terjamin, institut ini menyediakan profesi apoteker untuk mahasiswa/i yang telah lulus S1. Lingkup kerja sama IIK Bhakti Wiyata mencakup kerja sama nasional dan internasional. UKM atau Unit Kemahasiswaan dalam IIK Bhakti Wiyata sangatlah beragam, beberapa UKM yang sangat diminati oleh mahasiswa/i, yakni futsal, basket, dan tari. IIK Bhakti Wiyata Kediri juga menyediakan beasiswa, diantaranya: beasiswa bidang akademik, nonakademik, merdeka belajar, dan KIP.

Insitut Asia Malang-El

Memiliki 5 progam studi yang bernaung di 2 fakultas yaitu teknologi desain, ekonomi dan bisnis. Untuk jurusan atau progam yang paling banyak diminati adalah jurusan DKV yang bernaung dibawah fakultas teknologi desain.

“Kuliah Asik Kekinian” merupakan hal yang membedakan Insitut Asia Malang dengan kampus yang lainnya. “Kuliah Asik Kekinian” adalah suatu progam dimana dalam sistem pembelajarannya diajarkan melalui kolaborasi  dengan games. Selain itu sistem tersebut juga menerapkan untuk ketidak wajib an dalam penulisan skripsi.

Institut Asia Malang juga memiliki hubungan pekerjaan dengan beberapa perusahaan, yang diberi nama “Asia Career Center” , yang berfokus dengan  perusahaan-perusahaan nasional. KUI atau “Kantor Urusan Internasional “ juga merupakan sistem yang ada di dalam Insitut ini, dimana sistem ini terfokuskan dengan menjalin hubungan antara perusahaan-perusahaan di luar negeri dan juga kampus-kampus di luar negeri.

Berikut beberapa UKM  di Insitut Asia Malang, yaitu terdapat “ASPAL” bagi pecinta alam, “API” bagi pecinta jurnalistik, “ design squad“ bagi pecinta desain, fotografi yang disebut dengan view, dan masih banyak lagi.

Beasiswa yang bisa didapatkan juga beragam, seperti contoh nya KIPK atau kartu Indonesia pintar kuliah, dimana beasiswa tersebut memfasilitasi kebebasan biaya kuliah juga uang saku. Lalu ada juga beasiswa untuk prestasi non-akademik, seperti woman technology yang dikhususkan bagi perempuan yang menyukai teknologi. Kemudian juga dijelaskan terdapat beasiswa pelajar aktif organisasi yang di khususkan bagi pelajar yang aktif dalam organisasi. Ada juga beasiswa bagi pelajar yang pandai dalam bidang bahasa yang disebut dengan pelajar prestasi bahasa. Kemudian terdapat beasiswa pelajar kreatif bagi pelajar yang menyukai industri kreatif seperti lomba pembuatan film, fotografi ataupun animasi. Dan ada juga beasiswa IBM, atau international business management.

Sekolah Tinggi Ilmu kesehatan Panti Waluya Malang

 STIKES Panti Waluya Malang memiliki tiga program studi, yaitu keperawatan dan profesi Ners, farmasi, dan reka medis. Jurusan keperawatan  dan profesi Ners, serta farmasi menjadi jurusan yang paling diminati di STIKES. STIKES Panti Waluya Malang mengunggulkan jurusan reka medis sebagai jurusan unggulannya. Meskipun belum termasuk dalam jurusan yang paling diminati, reka medis hanya belum dikenal oleh sebagian mahasiswa, dikarenakan kepopulerannya yang masih baru terkenal baru baru ini. Alasan reka medis menjadi unggulan STIKES Panti Waluya Malang adalah karena tingkatnya yang lebih unggul dari universitas lain. STIKES Panti Waluya Malang menyediakan jurusan reka medis hingga tingkat D4, yang setara dengan S1. Selain itu, STIKES sendiri juga menjadi satu satunya sekolah tinggi di Malang yang menyediakan tingkatan hingga D4, membuatnya menjadi lebih unggul daripada sekolah lainnya.

   STIKES Panti Waluya Malang sendiri juga menyediakan fasilitas rumah sakit, klinik, hingga lembaga kesejahteraan. Dengan berprinsip mahasiswa terjamin cepat kerja, STIKES mampu terpandang dengan poin lebih. Dibandingkan sarjana biasa yang terkadang menjadi pengangguran, STIKES menjamin lulusannya untuk bekerja di fasilitas pribadinya agar lulusannya dipastikan mendapat pekerjaan serta pengalaman.

   Selain bernaung dibawah yayasan, STIKES Panti Waluya Malang juga melakukan berbagai kerjasama dari dalam kota, luar kota hingga luar negeri. Untuk meningkatkan mutu, STIKES bekerjasama dengan berbagai universitas di luar negeri, dan rumah sakit. Bahkan, sempat rumah sakit di Singapura mengajukan untuk memperkerjakan lulusan STIKES sebagai bagian dari pekerja rumah sakit di Singapura tersebut. Tidak berhenti pada kerjasama dalam bidang praktek, STIKES juga terus memfasilitasi mahasiswa dengan program student exchange bersama universitas lain diluar negeri. Selain dalam kerjasama, STIKES sendiri juga mendukung mahasiswanya dalam bidang non-akademik dengan kegiatan UKM yang cukup beragam.

   Untuk beasiswa, STIKES Panti Waluya Malang juga menyediakan berbagai jalur beasiswa, mulai dari beasiswa pemerintah hingga beasiswa swasta. Beasiswa yang disediakan pemerintah biasanya melalui tawaran dari dinas kesehatan, pemkot, dan PT Dharma Polimetal. Sedangkan beasiswa swasta, diantaranya terdapat potongan harga bagi mahasiswa berprestasi setiap semester, dan beasiswa jalur undangan.

STIKI Malang

 – Ken

STIKI Malang,Universitas yang terdapat 4 progam studi atau jurusan yang terdiri dari teknik informatika S1,sistem informasi S1,Desain komunikasi visual S1,dan yang terahir D3 sistem informasi,dan jurusan yang paling diminati yaitu informatika & desain komunikasi visual.

Hal yang membedakan STIKI Malang dengan Perguruan Tinggi yang lain yaitu STIKI merupakan kampus informatika pertama yang berdiri pada tahun 1985,dan di STIKI Malang memiliki banyak progam.

STIKI Malang juga memiliki banyak kerja sama dengan mitra di dalam negeri dan di luar negeri juga,

Jadi jika teman teman mau melakukan prertukaran mahasiswa, STIKI Malang memiliki banyak relasi atau kerja sama.

STIKI Malang juga memiliki ekstrakulikuler yang bernama ukm atau unit kegiatan manusia,dan untuk teman teman yang di SMA mengikuti ekstrakulikuler basket,futsal,fotografi,kesenian,dan lain lain,di STIKI Malang juga ada,jadi teman teman dapat mengembangkan minat bakat nya.

STIKI Malang juga memiliki beasiswa yang terdiri dari,jalur undangan (dengan potongan biaya 60%),jalur prestasi (dengan potongan 30%),dan yang full potongan/beasiswa (beasiswa kip kuliah).

Tristar Culinary Institute Batu-Fitria

Jurusan kuliner yang mengajarkan tentang culinary, pastry, dan juga beverage. Tidak hanya seputar kuliner, Tristar juga mengajarkan terkait dengan entrepreneurship atau Kewirausahaan.

Sistem praktik adalah keunikan dari Institut Tristar, selain itu teori yang diajarkan juga merupakan teori yang dapat di realisasikan untuk menunjang di kehidupan nyata.

Tristar juga memiliki hubungan kerjasama dengan berbagai perusahaan di luar negeri, seperti Malaysia, Thailand, Jepang,  dan Taiwan.

Range market yang ada di dalam Tristar juga memiliki jangkauan yang terjangkau.

Universitas Ciputra Surabaya-Bagus

Memiliki 7 fakultas dengan 20 progam studi, dengan total mahasiswa terbanyak ada di jurusan internasional business management.

UC atau universitas Ciputra juga menerapkan sistem pembalajaran Kewirausahaan dengan mengembangkan pola pikir inovasi, kreatif, dan juga _problem solving_.

Hubungan kerjasama Universitas Ciputra sangat beragam, seperti contohnya dalam bidang teknologi menjalin hubungan kerjasama dengan perusahaan _Apple Developer Academy_. Lalu dalam bidang kedokteran, Ciputra menjalin kerjasama dengan rumah sakit Suwandi.

Progam _study exchange_ juga merupakan salah satu sistem pembelajaran di UC, dengan beberbagai progam juga seperti _study abroad_, dan  _joint degree_. Beberapa kampus yang menjalin kerjasama juga dari beberapa negara seperti Korea, UK, dan juga Australia.

UKM yang bervariatif juga dapat mendukung mahasiswa dalam bidang non-akademik, seperti basket, Futsal, badminton. Juga ada dalam bidang religion.

Beasiswa bagi pelajar juga bisa didapatkan melalui hubungan kerjasama antara Universitas Ciputra dengan SMAK Diponegoro Blitar yang disebut “progam beasiswa sekolah kerjasama”, yang dilihat dari rata-rata nilai raport semester 2 dan pengetahuannya. Lalu ada juga beasiswa OSC yaitu hubungan kerjasama antara UC dengan Metro TV dengan benefit pembebasan full biaya selama 4 tahun kuliah. Ada juga progam beasiswa bagi pelajar yang memiliki prestasi dalam bidang non-akademik atau akademik.

*Universitas Atma Jaya Yogyakarta-Marvel*

Memiliki 13 jurusan, contohnya hukum, manajemen, teknik sipil, biologi, arsitektur dan masih banyak lagi. Khusus untuk fakultas ekonomi dan bisnis akan mendapat _ipad_ secara gratis. Setiap mahasiswa juga akan mendapat _tumbler_ gratis untuk mengisi minum secara gratis juga. Atma Jaya juga memiliki hubungan kerja sama dengan beberapa perusahaan seperti Djarum, Tokopedia, dan beberapa perusahaan dari luar negeri. Atma Jaya juga menyediakan _student exchange_, mahasiswa dapat memilih sendiri kampus yang diinginkan. UKM di Atma Jaya juga sangat beragam, contohnya menyelam laut dan mendaki gunung. Atma Jaya juga menyediakan banyak macam beasiswa yang mudah untuk didapatkan.

*Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya  – Prisil*

     Universitas Katolik dengan 3 Fakultas yang di ungguli oleh progam studi manajemen yang terakreditasi unggul. Universitas Katolik Darma Cendika bermotto ‘Scientia et Moralis’ yang berarti cara kita untuk menyeimbangi pengetahuan dengan moral lewat pendidikan karakter. Universitas ini banyak hubungan  kerjasama juga dengan lembaga-lembaga baik itu progam magang, pertukaran pelajar maupun penempatan-penempatan kerja di tiap mahasiswa.

      Disaat musim panas begini, para mahasiswa Universitas Katolik Darma Cendika bisa melakukan _summer course_ atau pertukaran pelajar di Groningen University. Tak hanya itu, untuk progam _exchange students_ Universitas Katolik Darma Cendika ke dua negara yaitu, Universitas St. Thomas di Filipina dan Universitas Groningen di Belanda. UKM di Universitas Darma Cendika juga dinaungi oleh organisasi-organisasi kampus. Dengan prestasi akademik dan non akademik, anak guru, dan KIP, Universitas Katolik Darma Cendika menyediakan beasiswa dengan syarat tersebut bahkan sampai beasiswa penuh sendiri.

Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

   Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga memiliki 14 fakultas dan 63 program studi. Dari banyaknya fakultas yang tersedia, fakultas ekologi dan teologi menjadi fakultas yang paling diminati saat ini. Tidak hanya sekedar ekologi, _UKSW_ juga menerapkan ilmu psikologi yang menjadi daya tarik lebih pada fakultasnya. _UKSW_ juga baru saja membuka fakultas badu dengan program studi kedokteran.

   _UKSW_ sendiri dikenal dengan ciri khasnya sebagai Indonesia mini, dikarenakan fakultasnya yang memiliki beragam jenis, dari Sabang hingga Merauke. _UKSW_ juga mampu mendapatkan akreditasi unggul, dengan pencapaian menempati 26 nasional dalam kegiatan kemahasiswaan. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 56 ini diklaim telah memiliki banyak hubungan kerjasama. Dari kerjasama nasional maupun internasional, terhitung jika _UKSW_ telah melakukan berbagai kerjasama hingga mencapai ribuan kerjasama. Dengan adanya berbagai program kerjasama, serta penyelenggaraan _student exchange_, tidak heran jika _UKSW_ memiliki daya tarik dan tingkat pendidikan yang terbilang sangat baik.

   Selain itu, _UKSW_ juga memiliki beragam _KBM_. Dari tingkat universitas maupun tingkat fakultas. Di _UKSW_, _KBM_ sendiri dibagi menjadi profesional dan humanistik. Dari berbagai _KBM_ yang tersedia, _UKSW_ sendiri juga memberi kesempatan untuk mahasiswa membuat kegiatan kemahasiswaan secara mandiri. Secara teknis, artinya kegiatan tersebut disediakan universitas kepada mahasiswa mengelola kegiatan bagi sesama mahasiswa lainnya.

   Mengenai beasiswa, _UKSW_ memiliki 3 _payung besar_ beasiswa. Diataranya ada beasiswa pemerintah, eskternal, dan internal. Pada beasiswa pemerintah, _UKSW_ mengambil program beasiswa dari KIP (Kartu Indonesia Pintar). Sedangkan bidang internal dan eksternal, _UKSW_ menyediakan beasiswa prestasi, beasiswa Notohamidjojo, dan beasiswa rutin.

Kelebihan beasiswa _UKSW_ adalah prosesnya yang sangat mudah cepat.

Universitas MaChung Malang -Dwi

Memiliki banyak sekali jurusan, beberapa jurusan yg ada di universitas ini adalah manajemen, akuntasi, Teknik informatika, DKV, optometri dan masih banyak jurusan lain yang ada di universitas ini. Tentunya didalam universitas ini memiliki jurusan yg sangat diminati yaitu manajemen dan farmasi.

Yg membedakan Universitas MaChung ini dengan universitas lainnya yaitu masa tunggu universitas ini adalah 0 bulan , jadi mahasiswi-mahasiswa yg kuliah di universitas ini dapat bekerja sebelum dilaksanakannya wisuda. Selain itu mereka yg kuliah disini akan mendapatkan sertifikat Bahasa inggris dari TOEIC dan sertifikat Bahasa mandarin dari HSK.

Hubungan kerjasama di MaChung sangat beragam, beberapa contoh nya adalah perusahaan wings, indomaret, sinar emas, dan Djarum. Selain hubungan Kerjasama, di universitas ini juga ada yg Namanya pertukaran pelajar, di awal bulan September ini ada 7 mahasiswa-mahasiswi dari prodi manajemen pergi ke taiwan selama 1 semester, sudah free biaya pesawat,biaya tinggal, bahkan mereka juga mendapatkan uang saku sebesar 5 juta per anak.

UKM yang ada di universitas ini juga sangat bervariatif, yaitu ada seni musik, seni tari, karawitan, dance, basket, badminton dan masih banyak lagi UKM yg ada di universitas MaChung ini.

Bagi kalian yg ingin kuliah, tetapi mendapatkan kendala keuangan universitas Machung ini solusinya. Karena universitas ini menyediakan beasiswa yang per semester nya hanya membayar Rp 500.000 saja.

*Universitas Pelita Harapan Surabaya-Kiki*

Universitas Pelita Harapan atau yang di sebut sebagai UPH adalah kampus yang berpusat di Jakarta namun juga membuka kampus di Surabaya ini memiliki 2 jurusan paling di minati dan paling _favorite_, yaitu Hukum dan Bisnis. UPH juga memiliki fasilitas kolam renang, _gym_, dan juga ada beberapa lapangan.

Di UPH dari segi mahasiswa pun mempunyai banyak artist contohnya saja Naura Ayu, Stiven Wongso, Evelyn Restu. Jadi secara bisnis, secara relasi UPH itu selalu unggul.

Di UPH pun hanya 3 setengah tahun untuk gelar S1.

Ada 460 lebih perusahaan yang bekerja sama dengan UPH, dan itu semua skalanya nasional, internasional. UPH sendiri juga ada di bawah naungan *Lippo Group* yang sama seperti Matahari dan _Hypermart_, dan UPH juga memiliki rumah sakit sendiri yaitu Rumah Sakit Siloam.

Ada beberapa ekstrakulikuler atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) di UPH yaitu Basket, Futsal, Bahasa Korea, Fotografi dan lain sebagainya.

Di UPH Surabaya ada beasiswa uang gedung, dan juga beasiswa uang semester. Di UPH Surabaya ini juga dapat memilih kedua beasiswa tersebut.

UPH pun memiliki sistem _student exchange_, yang kita sendiri bisa memilih _university_ di luar negeri yang kita pilih, karena di UPH memiliki kerjasama dengan pihak Universitas dan juga Pemerintah Indonesia, dan itu secara gratis. Disisi lain UPH memiliki double program, yaitu kuliah yang dapat kita tempuh 2 tahun kuliah di UPH, dan 1 tahun kuliah di luar negeri. Tentu saja kita dapat mendapatkan 2 gelar, yaitu 1 gelar UPH dan 1 gelar nya kampus luar negeri.

*Widya Kartika Surabaya – Bu Jinap*

    Universitas Widya Kartika Surabaya memiliki 3 fakultas dan 8 progam studi dengan pendidikan bahasa Mandarin dan bahasa Inggris yang paling unggul. Universitas Widya Kartika memberikan banyak sekali promo-promonya mulai dari potongan uang kuliah jalur kerjasama dari awal hingga lulus, beasiswa untuk progam prestasi akademik dan non akademik sampai dengan 75%, beasiswa putra-putri daerah, KIP,  dan lain lainnya. Dengan biaya kuliah yang terjangkau, Universitas Widya Kartika memudahkan bagi siapapun yang ingin kuliah. Hal itu yang membedakan universitas Widya Kartika dengan univesitas lainnya.

    Universitas Widya Kartika juga memiliki banyak sekali koneksi dengan perusahaan yang mendukung progam studinya. Tak hanya koneksi dalam negeri, Widya Kartika juga bekerja sama dengan _student exchange_ di China,  di tambah lagi ada dosen native speaker Mandarin di Widya Kartika. Keunggulan lainnya, di Widya Kartika mendukung sekali segala UKM yang ada.

*Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya- Mavelyn*

Widya Mandala memiliki 11 fakultas dan 43 program studi. Dengan _flagship_ _A life-improving university_ kita menginginkan para mahasiswa untuk memiliki relasi seluas mungkin. Widya Mandala juga memiliki banyak sekali beasiswa contohnya beasiswa dari anggota OSIS, anak guru, nilai rapor dan sebagainya. Widya Mandala mengadakan _student exchange_ yang diadakan setiap tahun bagi banyak mahasiswa dari berbagai fakultas. Memiliki kerja sama dengan kampus luar negeri juga yang memudahkan program _student exchange_. Memiliki program Widya Mandala Career Center yang memfasilitasi para mahasiswa untuk melihat lowongan kerja yang hanya bisa dilihat oleh mahasiswa Widya Mandala. Unit Kegiatan Mahasiswa di Widya Mandala tentunya sangat beragam seperti klub drama, tari, basket, voli, pecinta alam dan lain lainnya.

*Universitas STIE Malangkuçeçwara*

Universitas ini terdapat 2 jurusan,yaitu management dan akuntansi,dan semua jurusan ini sama sama saling di minati.

Yang membedekan Universitas ini dengan Universitas lain yaitu,Universitas ini menerapkan konsep green campus,jadi suasana nya asri,jadi tidak membosankan dan panas,lalu terdapat caffe nya jadi kuliah tidak membosankan dan bisa santai dan relax.

Universitas ini juga memiliki berbagai progam eksternal sepertu pertukaran pelajar dengan orang asing atau luar negeri seperti ke jepang,ke thailand,dan luar negeri lainya,jadi setiap tahun Universitas ini memberangkat mahasiswa.

Dan karena dulu Abm bernama akademik bank malang,jadi sudah dapat dipastikan Universitas ini bekerja sama dengan per bank an,dan di sisi lain pasti di setiap perusahan-perusahaan dosen nya mendirikan korporet sendiri,jadi diri situ kita bisa ada channel,lalu alumni-alumni juga banyak sekali seperti perusahaan orang tua (Ot),Djarum.

Disini juga terdapat Ukm yang banyak,yang terdiri dari,penalaran ilmiah,basket,sepak bola,kesenian,keagamaan,

Pecinta alam.

Bahkan di Universitas ini memiliki banyak beasiswa,yang berjumlah 7 beasiswa.

*Universitas STKIP Widya Yuwana Madiun*

Universitas ini hanya memiliki satu prodi yaitu prodi pendidikan teologi. Untuk pendidikan teologi ini sendiri memang di Indonesia tidak banyak. Jadi kalau ditanya apa yang membedakan universitas ini dengan universitas lainnya selain dari lulusannya, yang kami memang sudah lulus sebagai sarjana pendidikan, karena mungkin ada beberapa kampus yang lulusannya sarjana agama. Jadi dengan sarjana pendidikan ini kami merasa bahwa lebih mudah untuk mencari pekerjaan. Lebih mudah mencari peluang kerja menjadi guru agama juga katekis.

Kelebihannya karena untuk kampus agama sendiri hanya ada beberapa di Indonesia mungkin  Cuma ada 5 an. Nah jadi keunggulannya kampus kami lebih ke lulusannya itu S.Pd jadi kalau mau jadi _PNS_ atau _p3ck_ itu peluangnya lebih besar. Kampus ini juga bekerja sama dengan kemenag dan diktidikti, makanya di tempat kami ini juga ada beasiswa dari dikti. Penuh pembayarannya jadi dari semester 1 sampai 8 gratis semuanya termasuk uang hidup. Ada beberapa juga kerja samanya lebih ke pada paroki. Mungkin nanti kalau ada yang lulus ditaruh di paroki ini untuk kerja.

Untuk program _student exchange_ dulu pernah ikut, tapi karena zamannya covid jadi kita online itu pertukaran sama yang dinier kayak atmajaya terus sanatadarma ada juga kampus merdeka atau kampus mengajar lebih tepatnya.

UKM di STKIP ada olahraga, seni dan jurnalistik. Kalau olahraga itu ada futsal, voli, bulu tangkis. Dan kalau dari seni ada teater, paduan suara dan tari.

STIKES St. Vincentius a Paulo -Suster Maria

Semua bidang dan jurusan semua sangat di minati di Universitas tersebut, sehingga banyak mahasiswa lulusan _universitas_ _Vincentius_ ini di terima di berbagai rumah sakit. STIKES St. _Vincentius_ a Paulo ini tidak membiarkan Mahasiswa tidak bekerja semua mendapatkan pekerjaan, masa tunggu/masa kerja maksimal 3 bulan dan cukup di kenal oleh berbagai rumah sakit lulusanya yang sangat kopenten.

STIKES ini juga sudah bekerja sama dengan rumah sakit, klinik-klinik, perusahaan rumah sakit ataupun klinik biasanya mereka datang ke STIKES untuk merekrut para calon tenaga kesehatan di STIKES, jadi sebelum wisuda para mahasiswa STIKES ini sudah mendapatkan pekerjaan di rumah sakit. STIKES juga menerima beasiswa, STIKES menerima KIP, Eka _hospital_, dan setelah kuliah 2 atau 3 semester membutuhkan beasiswa STIKES bisa membantu dari para donatur.

STIKES memiliki banyak unit kegiatan mahasiswa antara lain adalah : Tari, paduan suara, _futsal_, bola voli, _jujitzu_, wirausaha. STIKES setiap jumat juga memiliki pembinaan keagamaan sesuai agama masing-masing.

Sanata Dharma-Ferdian

Memiliki 25 progam studi yaitu di antaranya ada Akuntansi, ekonomi, teknik, farmasi, keguruan dan Ilmu Pendidikan, psikologi,  Sains dan Teknologi informatika, sastra Indonesia, sastra Inggris, teologi. Menurut Ferdian, salah satu mahasiswa di Sanata Dharma, sastra inggris;psikologi; dan farmasi merupakan 3 progam unggulan yang paling banyak diminati.

Sanata Dharma menerapkan motto “Cerdas humanis”, yaitu bagaimana mahasiswa/mahasiswi tidak hanya diajarkan mengenai kecerdasan ilmu, tetapi juga diajarkan bagaimana  untuk dapat menghargai sesama, dapat berbagi dengan ikhlas. Selain itu, Sanata Dharma juga memiliki fasilitas bagi mahasiswa dan mahasiswi disana seperti: asrama, beasiswa, apotek, klinik dokter, dan pusat layanan konseling.

Universitas Sanata Dharma juga memiliki relasi dengan berbagai perusahaan, seperti Toyota dan Astra. _Study exchange_ juga termasuk salah satu progam pendidikan di Sanata Dharma. Korea Selatan, Jepang, India, Swedia merupakan beberapa contoh negara yang menjalin hubungan dengan universitas ini.

Unit kegiatan mahasiswa (UKM) atau biasa kita sebut dengan extrakurikuler nya juga beragam, seperti taekwondo, penulisan jurnalistik, sepak bola, karate, kerohanian, paduan suara yang tarafnya untuk universitas, fakultas maupun bidang studi.

Beasiswa yang dapat calon mahasiswa baru dapatkan yang pertama ada beasiswa “Cerdas humanis” yang berasal dari Sanata Dharma sendiri, dengan benefit pembebasan biaya studi selama 8 semester atau 4 tahun, dengan syarat rekomendasi dari kepala sekolah, prestasi untuk menunjang seleksi. Lalu beasiswa yang kedua adalah KIP yang berasal dari pemerintah, dengan benefit yang sama yaitu pembebasan biaya studi selama 8 semester atau 4 tahun, dengan uang saku untuk per-semesternya.

*Universitas Merdeka Malang* memiliki tujuh fakultas yang terdiri dari dua puluh satu program studi yang dimana calon para mahasiswa/i dapat memilih fakultas dan program studi yang diminati dengan nyaman.

Fakta menarik dari universitas ini adalah mereka memiliki jurusan hukum yang merupakan jurusan tertua di Kota Malang yang tentunya diminati karena sebagian besar dosen yang mengajar merupakan dosen profesor, selain itu universitas ini memiliki keunggulan yang membedakan dengan universitas lain adalah dibawah naungan Kodam V Brawijaya, dimana saat masa orientasi, wisuda, maupun kegiatan maka akan dihadirkan pengibar RI.

Universitas Merdeka Malang juga mempunyai beasiswa yang hanya dimiliki oleh lima universitas saja yang ada di malang, yaitu beasiswa Djarum, selain itu ada juga beasiswa dari pemerintah seperti KIPK dan beasiswa unggulan, beasiswa dari instansi, beasiswa potongan biaya dari pendaftaran awal, dan beasiswa potongan bagi putra/putri dari TNI maupun Polri yang dapat dikenakan potongan biaya sebesar lima puluh persen.

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di universitas ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas lengkap termasuk gedung untuk penunjang kegiatan para mahasiswa/i seperti, lapangan olah raga yang lebih dari satu, komunitas seni, komunitas keagamaan, dan sebagainya.

AKN Putra Sang Fajar – Kak Rani

Jadi di AKN Putra Sang Fajar ada 4 jurusan, yang pertama ada ‘Penyuntingan Audio Video’ atau ‘Multimedia’, jadi yang suka foto, video, dan animasi bisa join ke jurusan ini. Kemudian ada ‘Administrasi Server dan Jaringan Komputer’, jurusan ini cocok untuk yang suka _coding_, bikin aplikasi atau main game bisa masuk ke jurusan ini. Yang ketiga ‘Pengolahan hasil ternak unggas’ jurusan ini cocok untuk yang suka masak-masak. Dan yang keempat ada ‘Perkantoran Digital’. Untuk sejauh ini jurusan yang paling diminati adalah ‘Perkantoran Digital’.

Yang membedakan Universitas AKN Putra Sang Fajar dengan Universitas lain adalah karena Universitas AKN Putra Sang Fajar ini kampus negri di Blitar, jadi bagi teman-teman yang tidak mau jauh-jauh kuliah ke luar kota, atau mungkin ada kendala seperti bingung bayar uang kos dan biaya lainnya bisa memilih kampus kami yang lokasinya ada di Blitar. Selain itu, kampus kami adalah kampus Vokasi, yang mana kampus Vokasi itu lebih banyak prakteknya daripada teorinya, jadi kita memang mempersiapkan lulusan kami agar siap bekerja.

Selain itu, salah satu indikator kinerja utama kami adalah kerja sama dengan industri atau instansi lain dan kita lagi gencar-gencarnya membangun itu, salah satu contohnya adalah di tahun ini kami memberangkatkan hampir 20 lebih mahasiswa dari ‘Perkantoran Digital’ untuk magang di perusahaan serta industri dan mereka sudah mendapat fasilitas gaji dan lainnya.

Untuk beasiswa kita punya kesempatan yang besar sekali, karena beasiswa KIP kuliah kita itu besar, dan mahasiswa di AKN memang belum banyak, jadi kesempatan mendapat beasiswa itu sangat besar sekali. Selain KIP kita juga ada kerjasama dengan Pemkot Blitar dimana warga kota atau warga yang memiliki KTP kota Blitar gratis biaya UKT nya, jadi engga perlu bayar bawa orang aja kalian udah bisa kuliah. Ada juga beasiswa lainnya, contohnya beasiswa dari kelompok masyarakat itu juga ada, tapi yang paling banyak beasiswa dari KIP dan beasiswa dari pemkot Blitar.

Universitas Dinamika-Andri

Universitas Dinamika memiliki jurusan yang paling banyak peminat nya seperti jurusan sistem Informasi, DKV, dan digital accounting.

Hal yang membedakan universitas ini dengan universitas lainnya adalah sistem pembelajarannya yang dapat di akses di mana saja, kapan saja, dan juga dapat menghasilkan uang.

Progam pertukaran pelajar masih belum tersedia di universitas ini, akan tetapi universitas ini menjalin kerjasama dengan 9 universitas di luar negeri, Seperti salah satunya hubungan kerjasama dengan professor Victor yang berasal dari Jepang.

UKM yang beragam menjadi salah satu daya tarik universitas ini, seperti basket, voli, tari, taekwondo.

Beasiswa yang tersedia juga beragam, seperti salah satunya beasiswa kerjasama antara SMAK Diponegoro dengan Universitas Dinamika Surabaya.

Bu Dama (Kepala sekolah)

_Expo_ pendidikan merupakan program tahunan rutin di SMAK Diponegoro. Untuk tahun 2023 pesertanya semakin bertambah di banding tahun lalu kalau tahun lalu ada 19 universitas, tahun ini ada 21 universitas yang datang. Semua warga terlibat yang berarti ada rasa kepedulian terhadap lancarnya kegiatan. Semakin banyak universitas yang hadir, maka anak anak kelas 12 memiliki lebih banyak pilihan untuk masa depannya. Rencana _expo_ tahun depan adalah diselenggarakan lebih meriah di hotel agar terlihat lebih keren dan semoga universitas di Jawa barat dan Jakarta juga bisa hadir tahun depan. Untuk anak-anak kelas 12,semoga semakin terbuka wawasannya bahwa kuliah sangat penting di era globalisasi ini supaya menjadi manusia yang kompeten dan berkarakter baik.

Daffa (SMANTA)

Saya merasa senang sekali karena bisa melihat _expo_ yang luar biasa dari teman-teman SMAK Diponegoro dan bisa tahu lebih lanjut tentang adanya universitas yang hadir di _expo_ ini dan bisa lebih tahu saya ingin masuk ke universitas yang mana. Saya merasa _expo_ ini kesannya lebih ramah karena diadakan _outdoor_ , tempat yang luas, universitas yang hadir dan teman-teman disini juga ramah. Semoga _expo_ ini kedepannya bisa terus bertahan dan menjadi jauh lebih baik lagi dan mengundang lebih banyak universitas. Saya tahu tentang _expo_ ini dari guru BK saya. Saya kalau bisa memilih masuk universitas mana, saya lebih memilih untuk masuk ke UC.

Dita (Duta bahasa SMAK Diponegoro)

Untuk kakak kelas 12 semoga mendapatkan universitas atau jurusan yang diinginkan dan semoga dengan adanya _education fair_ teman-teman semua dapat memilih mana universitas atau jurusan yang diinginkan. Semoga _expo_ ini kedepannya bisa lebih baik dan lebih diminati lagi oleh siswa Blitar raya.

Oliver (Duta bahasa SMAK Diponegoro)

_Expo_ ini bagus sekali karena bisa mendatangkan banyak perguruan tinggi swasta, hal ini sangat berguna untuk kelas 12 karena semisal tidak berhasil masuk perguruan tinggi negeri bisa jadi lebih mengerti mau lanjut ke mana. Semoga teman-teman kelas 12 mendapat gambaran mau melanjutkan pendidikan kemana. _expo_ ini sudah bagus menurut saya tapi lebih bagus lagi jika kita bisa mempromosikan ke luar agar selain siswa siswi SMAK Diponegoro bisa hadir juga.

Ima (SMK Farmasi Wlingi)

Saya senang bisa hadir di _education fair_ ini karena mendapat kesempatan mengetahui banyak universitas supaya lebih mudah memilih universitas. Saya mengetahui tentang _expo_ ini lewat kepala sekolah saya. Saya sendiri sudah mantap masuk ke universitas Ma Chung karena juga Sudah mendaftar.

*SMA 4 Blitar-Jagad*

Dari _expo_ pendidikan yang diadakan oleh SMAK Diponegoro ini, salah satu _stand_ yang berhasil mendapatkan perhatian saya adalah jurusan ilmu hukum yang terdapat di Universitas Katolik Darma Cendika. Alasannya, karena semenjak berada di sekolah dasar sampai saat ini, saya memang sangat tertarik dengan ilmu hukum. Informasi mengenai _expo_ pendidikan ini saya dapat melalui guru BP sekolah kami. Menurut saya, dengan diadakannya _expo_ pendidikan ini tentu dapat membawa pengaruh baik, yakni mengundang atensi siswa/i yang ingin mencari informasi lebih rinci mengenai kampus dan jurusan yang ada.

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar